Kebanyakan Makan Nasi Membuat Diabetes, Mitos Atau Fakta?

 

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi bukan mendengar kebanyakan makan nasi membuat diabetes? Namun apakah hal tersebut hanya mitos atau fakta? Jika Anda penasaran maka simak terus artikel ini sampai tuntas.

Saat ini nasi merupakan salah satu makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi orang Indonesia, bahkan banyak masyarakat yang mengatakan belum makan kalau belum makan nasi. Namun sayangnya ada mitos yang mengatakan banyak makan nasi bisa menimbulkan diabetes.

Perlu Anda ketahui juga bahwa diabetes ataupun penyakit gula adalah penyakit metabolik di mana seseorang memiliki glukosa darah tinggi (gula darah), baik karena produksi insulin tidak memadai, atau karena sel-sel tubuh tidak merespon dengan baik terhadap insulin, atau keduanya.

Kebanyakan Makan Nasi Membuat Diabetes, Mitos Atau Fakta?

Ya, ternyata kebanyakan makan nasi membuat diabetes adalah sebuah fakta dan bukan mitos, menurut sebuah studi oleh para peneliti Harvard menunjukkan bahwa makan nasi putih berlebihan bisa membuat perbedaan.

Karena kebanyakan mengkonsumsi nasi putih yang merupakan makanan pokok orang Asia dapat meningkatkan risiko seseorang terserang diabetes tipe 2 sebesar 10%, menurut sebuah penelitian yang menganalisis hasil empat penelitian yang melibatkan 352.384 peserta dari 4 negara.

Negara tersebut adalah China, Jepang, AS dan Australia. Mereka yang mengkonsumsi jumlah tertinggi nasi putih memiliki risiko 27% lebih tinggi untuk mengidap diabetes dibandingkan dengan seseorang yang mengkonsumsi sedikit nasi, dan risiko paling menonjol pada orang Asia. Studi diikuti dari usia 4-22 tahun dan awalnya semua peserta bebas dari diabetes.

“Nasi putih juga tidak memiliki nutrisi seperti serat dan magnesium,” kata penulis studi Qi Sun, seorang profesor kedokteran di Harvard School of Public Health di Boston.

“Orang-orang dengan konsumsi nasi putih tinggi kekurangan nutrisi bermanfaat dan jika Anda mengkonsumsi beras merah sebagai gantinya Anda akan mendapatkan nutrisi”

Mengapa Makan Nasi Menyebabkan Diabetes?
makan nasi membuat diabetes

Mengapa nasi putih dapat berdampak risiko diabetes tidak jelas, tetapi mungkin harus melakukan dengan mengetes skor tinggi makanan pada indeks glikemik (GI) yaitu pengukuran bagaimana makanan mempengaruhi kadar gula darah yang berarti bahwa hal ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Selain itu seseorang yang mengonsumsi nasi terlalu banyak akan mengalami lonjakan gula darah. Dalam jangka waktu lama, sehingga hal ini dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin yang memicu diabetes.

Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai makan nasi membuat diabetes yang ternyata adalah fakta, dan ada baiknya mulai dari sekarang Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi nasi dengan porsi yang cukup agar terhindar dari diabetes.

Selain itu usahakan untuk tetap selalu menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari diabetes yaitu dengan cara menerapkan pola hidup sehat, yaitu dengan berolahraga secara rutin, menghentikan konsumsi alkohol, berhenti merokok, cukup istirahat dan hindari stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *