3 Cara Deteksi Dini, Cara Ampuh Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang cukup ditakuti oleh para wanita. Bahkan seorang artis Indonesia, Renita Sukardi menghembuskan nafas terakhirnya akibat mengidap kanker payudara. Ia meninggal setelah kanker payudara yang ia derita sudah mencapai stadium 3.

Tentunya kepergian Renita akibat kanker membuat banyak masyarakat yang takut. Kanker payudara jika dibiarkan tanpa mendapatkan pengobatan yang baik dapat membuat seseorang meninggal. Sebelumnya pada tahun 2014 Renita Sukardi memang sudah menjalani operasi pengangkatan kanker pada 2014.

Namun di tahun 2015 kankernya semakin menjalar ke seluruh tubuh. Hingga pada April 2016, Renita di vonis menderita kanker payudara stadium 3B. Kanker yang sudah memasuki stadium 3 adalah kanker yang cukup berbahaya. Bagaimana agar kita dapat mengenali kanker payudara sejak dini untuk terhindar.

Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Harus Di Waspadai Wanita
– Adanya benjolan pada salah satu payudara
– Tidak ada rasa sakit dari benjolan tersebut
– Benjolan terasa cukup keras
– Sering terjadi perubahan pada warna kulit
– Putting terasa sakit
– Muncul benjolan pada ketiak

Ciri-ciri tersebut menjadi tanda awal munculnya kanker payudara. Tapi tidak semua benjolan yang ada pada payudara seorang wanita dapat dikatakan sebagai kanker, bahwa hanya 20 persen benjolan pada payudara yang menyebabkan kanker. Sebagian besar kanker payudara terjadi karena hormone.

Ada baiknya, ketika anda sudah menemukan benjolan yang aneh pada payudara, mungkin hal tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu tumor penyebab kanker. Dan sebaiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab benjolan tersebut.

Penyebab Kanker Payudara
Kanker payudara disebabkan oleh tumbuhnya jaringan abnormal disekitar payudara. Jaringan tersebut akan membentuk sel-sel tumor. Bisa menjadi sel tumor yang jinak maupun ganas. Untuk kanker payudara sendiri, penyebabnya secara pasti belum diketahui. Dimana setiap penderita mengalami penyebab dan kondisi yang berbeda-beda.

Namun, beberapa ahli percaya bahwa kanker payudara bisa muncul akibat dari faktor genetik. Apabila anda memiliki orang tua yang memiliki kanker payudara, maka anda pun bisa terancam kanker tersebut. Sama dengan yang dialami oleh Renita Sukardi, kanker payudara yang ia idap merupakan turunan dari ibunya.

Mendeteksi Kanker Dengan Cara Sederhana
Ada cara mudah untuk mendeteksi kanker payudara, seperti yang disampaikan oleh dokter spesialis onkologi, Doddy Permadi.

Pertama
Coba berdiri didepan cermin, dengan mengangkat tangan dan membusungkan dada. Lalu membungkuk, dan biarkan payudara seperti mengantung. Perhatikan, apakah ada perbedaan bentuk atau timbul benjolan pada payudara anda.

Kedua
Angkat tangan, ketika mengangkat tangan otot dada pun akan naik. Sehingga akan terlihat apakah timbul sebuah benjolan atau tidak. Benjolan akan tampak secara kasat mata.

Ketiga
Melakukan pemeriksaan dalam posisi tidur. Angkat satu tangan, lalu raba payudara apakah ada benjolan atau tidak.
Jumlah Pengidap Kanker Payudara di Indonesia

Menurut data Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) kanker payudara menjadi kanker yang menimbulkan kematian cukup tinggi. Kematian pada kakner payudara mencapai angka 21,5 setiap 100 ribu penduduk. Di Indonesia, jumlah penderita kanker payudara mencapai angka 61 ribu. Para penderita baru melakukan pemeriksaan setelah memasuki stadium lanjut kanker.

Pencegahan Kanker Payudara
Kanker payudara dapat dicegah, apabila sudah melakukan pemeriksaan sejak dini. Pemeriksaan dini menjadi dasar awal untuk melihat perkembangan kanker. Bahkan angka harapan hidup penderita kanker payudara yang memasuki stadium 0 hingga satu hampir mencapai 100 %.

Sementara untuk stadium 2 bisa mencapai 93 persen, stadium tiga 72 persen. Sementara jika stadium empat cukup kecil yakni mencapai 22 persen. Dengan harapan hidup yang masih cukup tinggi pada stadium awal, penderita kanker payudara masih ada harapan hidup yang besar ketika sudah di vonis mengalami kanker.

Kanker payudara juga bisa dicegah dengan pola hidup sehat, dengan menghindari mengkonsumsi makanan berlemak, menjaga berat badan, selalu berolahraga, dan tidak mengkonsumsi alkohol. Selain itu, sebuah penelitian menunjukan kanker payudara bisa sembuh bagi wanita yang menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *