Kutil Kelamin, Bahaya Atau Tidak?

bahaya kutil kelamin

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kutil kelamin bisa menular kepada orang lain yang memiliki kontak langsung dengan kutil kelamin saat berhubungan badan, dan ada baiknya jika seseorang mengalami kutil kelamin maka harus segera diobati.

Karena jika hanya didiamkan saja tanpa diobati gejala kutil bisa bertambah banyak dan sangat mengganggu, tapi apakah kutil kelamin bahaya atau tidak? Jika kutil tumbuh di tempat seperti liang Miss V dan liang anus bisa mempengaruhi seseorang menjadi susah untuk buang air besar dan rasa tidak nyaman pada Miss V.

Kutil kelamin adalah salah satu jenis infeksi menular seksual yang paling umum. Hampir semua orang yang aktif secara seksual akan terinfeksi paling sedikit satu jenis human papillomavirus (HPV), virus yang menyebabkan genital warts, pada suatu saat selama hidup mereka dan kaum wanita mungkin lebih sering mengalami dan mengembangkan dibandingkan dengan pria.

Kutil Kelamin Bahaya Atau Tidak Bagi Kesehatan?

Perlu Anda ketahui bahwa kutil kelamin disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan genital warts ataupun kutil kelamin, sementara yang lain bisa menyebabkan kanker, sehingga dapat dikatakan bahwa timbulnya kutil kelamin adalah berbahaya.

Biasanya kutil kelamin bahaya atau tidak, dapat mempengaruhi jaringan lembab dari area kelamin. Kutil kelamin mungkin terlihat seperti benjolan kecil berwarna daging atau memiliki penampilan seperti kembang kol, bahkan dalam banyak kasus, kutil terlalu kecil untuk terlihat.

Bisa Menyebabkan Kanker

Bahkan pada beberapa kasus kutil kelamin bisa menyebabkan seseorang menjadi rentan terhadap kanker serviks, kanker mulut rahim yang disebabkan oleh virus dengan jenis yang sama dengan kutil kelamin yaitu HPV. Namun ini tidak berarti bahwa dengan adanya kutil kelamin maka Anda akan terkena kanker serviks karena memerlukan pemeriksaan medis lebih lanjut di Klinik Utama Gracia.

Sehingga ada baiknya jika wanita melakukan tes Pap reguler jika mengalami kutil kelamin dan memiliki lebih dari satu infeksi HPV dalam satu waktu maka bisa menjadi pertanda adanya infeksi dari tipe HPV yang lebih serius.

Berbahaya Bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Kadang-kadang kutil kelamin pada ibu hamil tumbuh lebih cepat selama masa kehamilan, oleh karena itu dokter dapat menghilangkan kutil sebelum kelahiran untuk menjaga bayi dari pendarahan saat melahirkan.

Walaupun sangat jarang terjadi akan tetapi hal ini dapat mengakibatkan kondisi medis yang serius bagi bayi yang baru lahir, termasuk masalah dengan pernapasan dan terkadang fatal, bahkan bisa menimbulkan perkembangan cacat.

Operasi sesar mungkin diperlukan untuk mencegah penyebaran infeksi selama persalinan atau jika kutil kelamin cenderung berdarah saat melahirkan.

gejala kutil kelamin

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Memiliki Kutil Kelamin?

Pada dasarnya hanya penyedia layanan kesehatan saja yang dapat dengan benar mendiagnosis apa seseorang mengalami kutil kelamin ataupun tidak. Pada wanita, kutil kelamin sering terlihat saat  pemeriksaan panggul.

Biasanya baik pada wanita maupun pria yang mengalami kutil kelamin yang mirip dengan gejala herpes maka ada baiknya pasangan seksnya harus segera diperiksa dan disembuhkan juga.

Tidak Semua Benjolan Pada Alat Kelamin Adalah Kutil

Infeksi lain dan kondisi lain sering membuat seseorang keliru pada kutil kelamin, sehingga sangat penting untuk memeriksakan segala macam bentuk benjolan kepada pihak medis karena sifilis dan kondisi lainnya dapat memiliki gejala yang tampak seperti kutil kelamin.

Hubungan Kutil Kelamin dan Penyakit AIDS

Sedangkan hubungan mengenai penyakit kutil kelamin dengan HIV karena penderita HIV memiliki kesempatan lebih besar untuk mengembangkan kutil kelamin karena sistem kekebalan tubuhnya melemah. Sehingga untuk mengobati penyakit ini juga tidak bisa hanya dengan menghilangkan kutil tanpa membasmi virus nya.

Jika yang terjadi demikian maka Anda tetap beresiko terinfeksi seumur hidup Anda. Satu-satunya hal yang dapat anda lakukan adalah dengan mengobati kutil Anda sesegera mungkin dan menjaga supaya penyakit ini tidak berulang, tentunya hal ini dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat dan hindari seks bebas.

Nah, itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai kutil kelamin bahaya atau tidak dan ternyata kutil kelamin berbahaya apalagi jika tidak segera diobati dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.