Ternyata Begini Loh Prosedur Sunat Dewasa yang Benar

sunat dewasa

Negara Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di Asia mempunyai beberapa tradisi yang sesuai dengan syariat islam. Salah satunya adalah tradisi sunat. Tradisi ini dilakukan biasanya saat anak laki-laki mulai menginjak usia bangku sekolah dasar. Lalu bagaimana dengan pria yang telah berumur dewasa dan belum melakukan tradisi sunat? Apakah masih bisa menjalani sunat?

Prosedur dalam melakukan sunat bagi anak-anak dan orang dewasa pada umumnya sama. Sebab sunat adalah metode melakukan pengangkatan kulit yang telah menutupi kepala penis agar terhindar dari penyakit menular seksual.

Adapun manfaat lain dari sunat selain menghindarkan diri kita dari penyakit menular seksual yaitu:

  • Penis menjadi lebih mudah untuk dibersihkan
  • Mengurangi resiko terjadinya infeksi saluran kemih atau raja singa
  • Mencegah terjadinya fimosis atau tidak mampunya kulup untuk menarik kembali
  • Mengurangi resiko terjadinya kanker serviks pada wanita
  • Mencegah balanitis atau peradangan pada kepala penis
  • Melindungi penis dari penyakit kanker penis

Dengan manfaat-manfaat yang telah disebutkan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk mencegah diri kita agar terhindar dari benih-benih penyakit dengan melakukan prosedur sunat dewasa.

Prosedur Sunat Dewasa

Sebelum Anda menjalani sunat dewasa, pada umumnya dokter akan memberikan suntikan obat yang berguna untuk membuat Anda rileks. Biasanya suntikan ini akan diberikan satu jam sebelum prosedur sunat dewasa dilakukan.

Untuk melakukan sunat dewasa, biasanya memakan waktu sekitar 10 hingga 15 menit, yang dimulai dengan suntikan obat bius lokal, regional atau umum pada penis untuk membuat daerah sekitar penis mati rasa atau bahkan membuat Anda tertidur. Apabila dokter menerapkan anestesi umum, biasanya akan tersedia seperangkat alat pernapasan yang akan dipasangkan ke mulut atau hidung Anda.

Biasanya dokter akan lebih memilih menggunakan anestesi lokal, hal ini karena harganya yang terjangkau serta lebih minim terhadap resiko.

Setelah dilakukan suntikan bius, langkah selanjutnya adalah dengan melekatkan penjepit atau cincin plastik khusus pada penis, kemudian dokter akan melakukan pengangkatan kulup yang menutupi kepala penis lalu memotongnya. Selanjutnya penis akan diolesi salep yang menyerupai petroleum jelly yang selanjutnya akan dibungkus longga menggunakan kain kasa

Tips Setelah Melakukan Sunat Dewasa

Setelah Anda melakukan sunat dewasa, maka penis akan terlihat berwarna merah, memar dan membengkak yang disertai dengan rasa nyeri pada ujung penis. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab hal tersebut akan segera membaik dalam tujuh hingga sepuluh hari setelah Anda melakukan sunat dewasa.

Untuk mengatasi rasa nyeri yang Anda rasakan, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  • Minumlah obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter. Biasanya dokter akan meresepkan obat penghilang rasa sakit beserta antibiotik untuk mengurangi rasa nyeri.
  • Pakailah pakaian yang longgar dan hindari menggunakan celana yang ketat
  • Bersihkan luka akibat sunat caranya yaitu dengan melepas kain kasa pembungkus luka.
  • Biasanya kain kasa dapat dilepas setelah satu hingga dua hari setelah sunat. Saat Anda sudah diperbolehkan untuk mandi, maka disarankan untuk segera membersihkan seluruh wilayah sekitar kemaluan dengan hati-hati menggunakan sabun dan air, serta selalu hindari berendam air hangat sampai Anda mendapatkan izin dari dokter.
  • Jangan melakukan hubungan seks terlebih dahulu atau melakukan masturbasi selama empat sampai enam minggu dari setelah Anda melakukan sunat. Jangan heran dan kaget setelah Anda merasakan hal yang aneh pada penis Anda. Sebab hal itu merupakan hal yang normal terjadi dan biasanya tidak akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Apabila Anda mengalami demam, sakit saat buang air kecil, batuk, menggigil, bengkak pada penis atau terdapatnya darah pada urine setelah melakukan sunat dewasa, maka segeralah menghubungi dokter untuk segera diberikan tindakan yang diperlukan.

Itulah beberapa informasi mengenai prosedur sunat dewasa serta beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meringankan nyeri setelah melakukan prosedur sunat dewasa.